WAP Groups
Download Free Apps & Games @ PHONEKY.com

Tauhid - Topics
Create Your Own App Store

* Tauhid > Topics


Subject: miraj rohani
Replies: 11 Views: 2409

adifia 24.05.08 - 01:30am
lanjutan rukun agama *

adifia 24.05.08 - 02:21am
kita terlahir keatas dunia,kita sudah dihadapkan pada nilai2 kemasarakatan,moral dan agama!yg mau tidak mau kita tlah brada didalamnya.kita diuntut mngambil kptusan,menerima menolak/netral.tp yg hrus diingat kita trlahir keatas dunia sbgai salah satu suku/ras bangsa trtntu yg da didunia ini yg mnentukan bkn kita sndiri.bgtu jg dgn klahiran kita,sbgai seorang anak bayi didlm keluarga.apkh kluarga itu bragama islam,kristen budha atau sbuah keluarga yg tidak bragama prosesnya bkan kita yg mnentukan!stelah lahir dan menginjak akhil baliq scara brlahan baru mnyadari.kita ditakdirkan mnjdi apkh it orang eropa,asia,america.bgtu pula dgn agama orang tua kitadan biasanya orang tua kita brusaha mnanamkan nilai2 agama yg dianutnya kpda kita(anaknya)sedini mungkin.shinga scara sadar/tidak sadar kita memeluk suatu agama yg dianut orang tua kita!inilah yg disbut kita bragama krn keturunan.
stelah dewasa brulah kita mnggunakan akal yg merdeka,dan kehendak merdeka.tuk mencermati kmbali agama yg kita anut sejak kecil. .sehinga saat itulah kita mulai mncari proses kbenaran yg absolut!tp sayangnya sbagian besar m ia puas dgn agama yg dianutnya.tnpa mncermati kbenaran agama yg dianutnya,yg lebih parah mereka trjebak dlm sikap panatik buta trhdap agama mreka masing2.yg pda giliranya akan timbul sikap saling membenarkan agamanya.mnyalahkan agama orang lain.pdahal umat m ia itu umat yg satu!ssuai dgn firman allah:
m ia dulunya hanya satu umat kemudian mereka berselisih(QS-Yunus 10:19) *

adifia 24.05.08 - 10:18am
m ia itu umad yg satu,(stelah timbul perselisihan)maka allah mengutus para nabi sebagai pmbwa kbr gembira dan pringatan.dan allah mnurunkan brsma mreka kitab dgn kbnaran,untuk memberikan kputusan diantara m ia ttng prkara yg mreka prslisihkan!
tidaklah brslisih ttng kitab itu mlainkan orang yg telah didatangkan kpda mreka kterang2an yg nyata.
krna dengki antara mreka sndiri..maka allah mberi ptunjuk orang2 yg briman ttng hal yg mreka prslisihkan itu dgn khendaknya. dan allah sllu mberi ptunjuk orang yg dikehandakinya kpda jln yg lurus(QS-Al baqarah 2:213)
beda pndpat diantara kita ttng kbenaran allah,sngat m iawi!hal ini sesuai firmannya:
sesungguhnya km skalian sllu dlm kadaan brbeda beda pendapat(adz dzariyaat 51:8)prbedaan pndpat ttng suatu kbenaran diantara m ia sngat dimaklumi oleh allah bhkan nabi muhamad saw prnah brsabda:prbedaan pndapat diantara umatku adlh rahmat!
akan ttpi prbedaan pndapat yg menjurus kpda suatu prpecahan dan prmusuhan sngat dibenci oleh allah. *

adifia 24.05.08 - 10:43am
hal diatas sesuai firmannya dlm al qur,an:
. . . . .jangalah kamu termasuk orang2 mpersekutukan allah
(yaitu)orang2 yg memecah belah agama mereka shingga mnjadi beberapa golongan.tiap2 golongan mrasa bangga dgn apa yg ada pada golongan mereka(QS-Ar ruum 30:31-32)
brdasarkan ayat diatas dpt disimpulkan bahwa slah satu sifat orang yg menyekutukan allah adlh orang2 yg suka memecah belah agamanya!dan ia mrasa pling benar,pling suci dari golongan lainnya.sluruh golongan diluar golongannya dianggap batil,dan ia bangga atas kbenaran golongannya.pdahal yg pling haq yg pling suci adlh allah swt sjalah.sbgai satu2nya dzat yg mnjadi sesembahan umat m ia!sesuai dgn firmannya dlm al qur,an:
. . . .sesungguhnya allah adalah kebenaran(al haq)dan ssungguhnya apa yg mreka sembah slain allah itulah yg batil.sesungguhnnya dialah allah yg maha tinggi lg maha besar(al luqman 31:30)

. . .kebenaran itu datangnya dari allah . . .(al baqarah 2:147) *

murid 24.05.08 - 12:31pm
-menyimak- *

adifia 25.05.08 - 02:44am
ayat diatas scara tgas mnyatakan!bhwa al haq yg sbnarnya hanya allah sendiri.jdi sngatlah kliru apa bila ada orang mengaku dirinyalah yg pling bnar.atau mreka mngaku golonganyalah yg pling benar.bhkan brdasarkan ayat diatas orang/golongan yg mengklaim atau mngaku pling benar,sbenarnya justru tlah mnyekutukan allah.krn ia mrasa/mreka tlah mensejajarkan diri/golonganya setara dgn allah.
padahal allah brfirman dlm al qur'an yaitu:
. . . .tidak seorangpun yg setara dgn dia.(QS al ikhlash 112:4)
jdi jgnlah kita mengklaim bhwa diri/golongan kitalah yg pling benar/haq/suci sdang orang lain atau golongan lain dianggap batil/salah/tidak suci/kafir.sbab yg pling mngetahui sapa yg haq/benar dan sapa yg trmasuk kafir batil adlh,hanya allah swt sjalah yg tau.sesuai dgn firmanya:. . .maka janganlah kamu mengatakan dirimu suci.dialah yg pling mengetahui ttng orang2 yg brtaqwa(Qs an najm 53:32)
sesungguhnya tuhanmu dialah yg lebih mengetahui ttng orang2 yg trsesat dari jalannya.dan dia lebih mengetahui orang2 yg mndapat petunjuk(Qs al an'am 6:117) *

adifia 25.05.08 - 03:26am
kmbali mslh prbedaan pendapat dikalangan umat m ia allah tlah membuat solusinya.yaitu agar m ia mengembalikan prmasalahan trsebut kpda allah dan rasulnya.
. .hai orang2 yg briman taatilah allah dan taatilah rasulnya. ulil amri diantara km,kmudian jika km brlainan pndapat ttng sesuatu kmbalikanlah ia(masalah itu)kpda allah dan rasulnya.jika km benar2 briman kpda allah dan hari kmudian.yg demikian itu lebih utama bagimu dan lebih baik akibatnya . .(Qs an nisaa 4:59)
sbgian besar umat islam brpndapat bhwa apa bila kita brbeda pndpat dlm urusan kbenaran.maka prsoalan itu dislesaikan dgn cara menelaah kmbali al qur,an dan al hadits.tapi anehnya prbedaan pndapat itu ttp ada.sehingga dikalangan umat bragama trjdi perpecahan,diantara umatnya sudah diramalkan nabi muhamad saw sesuai sabdanya:
sepeninggal ku nanti ,umat islam akan terpecah belah menjadi 73 golongan,semua masuk neraka,hanya 1 yg benar yaitu yg brpegang teguh kepada allah dan rasulnya.(hadits)
seruan tuk kembali kpda al qur'an dan hadits apabila trjdi perbedaan pndapat tidak kan brhasil dgn baik.jika blm mndapat petunjuk'krn tuk memahami qalam allah didlm al qur,an diperlukan petunjuk/wahyu trlebih dahulu sesuai firmanya:
. .dan tidak ada seorangpun m ia yg dpt memahami kalimat allah kecuali dgn bantuan wahyu atau dibelakang takbir,atau mengutus seorang utusan lalu diwahyukan kpdanya dgn seijinya siapa yg dikehendaki.sesungguhnya dia maha tinggi lagi maha bijaksana. . *

adifia 25.05.08 - 03:52am
. .dan demikianlah kami wahyukan kepadamu wahyu dgn printah kami.sebelumya kamu tidaklah mengetahui apakah iman itu,tetapi kami jdikan wahyu itu cahaya yg kami tunjuki dgn dia siapa yg kami kehendaki diantara hamba2 kami. .(QS Asy syuura 42:51-52)
maha tinggi allah raja yg sebenar benarnya,dan janganlah jm trgesa gesa membaca al qur'an sblum disempurnakan wahyu kepadamu,dan katakanlah:ya tuhanku tambakanlah kepdaku ilmu pengetahuaan(QS thaahaa 20:114)
dan allah akan menambah petunjuk kpda mereka yg telah mendapat petunjuk(QS Maryam 19:76)
dia menurunkan para malaikat dan roh untuk membawa wahyu dgn printahnya kepada siapa saja yg dia kehendaki diantara hamba2nya
(QS An nahl 16:2)brdasarkan ayat teratas dpt diambil kesimpulan bhwa tuk membaca wahyu allah harus dgn wahyu pula.sbab mustahil kita dpt memahami wahyu allah tanpa menerima,petunjuk/wahyu dari allah.tuk mendapat wahyu dari allah diprlukan usaha yg sungguh2 dari stiap umat mamusia,untuk mengenal allah dgn bntuan dan bimbingan orang2 yg ahli dlm bidang trsebut. sesuai dgn firmanya:
dan kami tidak mengutus sbelum kamu,kecuali lelaki yg kami beri wahyu kpda mereka; maka brtanyalah kepada jika km tidak mengetahui(QS An nahl 16:43) *

adifia 25.05.08 - 04:22am
Pengenalaan diri terhadap allah swt,dpt dicapai melalui beberap proses tingkatan.
1. pengenalan trhadap fi'il allah dgn mempelajari smua karya cipta allah dialam semesta.
2. pengenalan terhadap asma allah dgn mempelajari asmaul husna.
3. pengenalan trhadap sifat2 allah dengan mempelajari sifat 20 secara hakekat.
4.pengenalan terhadap dzat allah dengan mengamalkan ilmu marifatullah.
pengenalan trhadap esensi allah mrupakan kwajiban yg hrus dilaksanakan oleh stiap m ia selagi masih hidup,diatas dunia.tuk mengenal keberadaan esensi allah diprlukan usaha tuk mempelajari mengamalkan metode miraj rohani tuk menemui dan mengenal cahaya ilahi.dgn man kpda kitab2 suci dan ajaran2 para nabi/rasulnya.yg tlah dismpaikan kpda umat m ia baik umat yg trdahulu maupun umat yg saat ini.apa bila kita tidak mempunyai pengetahuan ttng allah.maka amal ibadah kita kerjakan tidak ada manfaatnya!hal ini sesuai dgn hadits:
sesungguhnya sedikit amalan akan berfaidah bila diserta dgn ilmu ma'rifatullah.dan bnyk amalan tidak brmamfaat bila disertai dgn kejahilan ttng allah(hadits)
awal beragama mengenal allah(hadits)
tuk mengenal allah kita harus mengenal diri mengenal allah itu tidak sulit,mengenal diri yg sulit.apa bila kita sudah mengenal diri,insya allah kita dpt mengenak prihal allah.ssuai dgn hadits:
barang siapa mengenal diri maka ia akan mengenal tuhanya(hadits) *

adifia 25.05.08 - 04:42am
diri yg dimaksud dlm hadits diatas.bukanlah diri yg trbuat dari darah,daging dan tulang belulang!tetapi diri yg sbenar2nya diri,yakni roh-ku yg ditiupkan oleh allah swt ,sesuai dgn firmanya:
maka apa bila aku telah menyempurnakan kejadianya dan telah meniupkan kedalamnya roh-ku maka tunduklah kamu kepadanya dgn bersujud.(QS Al hijr 15:29)
kemudian dia menyempurnakan dan meniupkan kedalam tubuhnya rohnya dan dia menjadikan bagi kamu pendengaran,penglihatan dan hati,tetapi sedikit sekali yg bersyukur.(QS As sajdah 32:9)
sebagian roh allah telah dipercayakan kpda umat m ia tanpa kecuali,m empunyai drajat yg tinggi dimata para makluk allah lainya.tp bnyk m ia tidak mensyukuri karunia tersebut.bhkan sebagian besar tidak mau mengenali kebradaan roh-nya tersebut..- *

adifia 25.05.08 - 05:10am
padahal roh trsebut yg nantinya akan bertanggung jwb atas apa yg diperbuat m ia,dimuka b*mi ini.oleh sebab itu kita dituntut untuk mengenal AKU SEJATIatau rohku.agar kelak sesudah kita mengenal rohku,maka dgn kmampuanya kita dpt mengenal allah.kmampuan rohku tuk ber miraj menemui allah,dpt trlaksana dalam sekejap mata,hal ini sesuai firmanya dlm qur,an yaitu:
malaikat dan roh naik menghadap/menemui allah dlm sehari yg kadarnya lima puluh ribu tahun b*mi(QS Al ma'aarij 70:4)
ayat diatas mnjelaskan bhwa stiap roh m ia diberi kmampuan untuk ber miraj kpda allah dgn kcepatan yg tinggi.kmudian dari ujung sana brgerak datang dlm kcepatan,yg berlipat kali.dari kecepatan tak terhingga tadi dan brtemu dan berdempet pada satu titik.sesuai dgn firman allah:
sesungguhnya kami menciptakan m ia dan kami mengetahui apa yg dibisikan oleh hatinya.kami lebih dekat dari pada urat lehernya(QS Qaf 50:16)
bila sudah merasa dan menemukan titik yg berdempet didalam diri itulah tandanya telah mengenal diri.oleh sebab itu tuk mengenal allah tidaklah menjadi hambatan,sebab dia memang dekat serta meliputi smua ciptaanya.sampai semut hitam diwaktu gelap malam,yg brada dlm lubang hitam itupun diliputi oleh nya. *

adifia 25.05.08 - 01:02pm
umat m ialah yg sllu disiksa prbuatanya,tuk menemui allah.brjalan ketempat yg jauh,mencari allah.padahal dia sudah ada bersamanya,apakah ini tidak lucu?
setelah tumbuh keyakinan dlm diri kita,bahwa allah itu dekat dan dpt ditemui.maka muncul pertanyaan selanjutnya!bagaimana cara/metodenya. .agar kita dapat brtemu dgn allah?sbnarnya tuk dapat brtemu dgn allah kita diwajibkan tuk melaksanakan miraj rohani terlebih dahulu.sesuai dgn ajaran yg telah diajarkan para nabi/rasul.dan yg ga kalah penting sbelum mempelajari juga mlaksanakan,laku miraj rohani.kita harus mempelajari jg mengetahui,terlebih dahulu informasi yg berkaitan dgn kbradaan ESENSI allah swt!yg br man pada kitab2 suci dan sunah rasul. *


* Reply
* Tauhid Forum


Search:
topics replies


* Tauhid

Create Your Own App Store

topTop
groupsGroups
mainProdigits

Custom Search


Create Your Own App Store